Nike Ardila (dia itu) ? Profil dan Biografi

Nike Ardila
Diaitu.com semasa hidupnya Dulu dia dikenal sebagai Ratu Rock Indonesia . Wanita yang bernama lengkap Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi atau yang dikenal dengan nama Nike Ardilla yang sering disapa dengan sebuatan teteh nike oleh parah penggemarnya ini lahir di Bandung, Jawa Barat, 27 Desember 1975 dari pasangan R. Eddy Kusnadi dan Nining Ningsihrat. Sejak kecil mengawali karier dengan mengikuti berbagai festival menyanyi di Bandung, sampai kemudian bakatnya ditemukan oleh produser Deddy Dores. Karier musiknya di dunia hiburan dimulai. Tahun 1987, Ibunya memasukan Nike Ardilla ke Himpunan Artis Penyanyi Musisi Indonesia (HAPMI) di bawah asuhan Djadjat Paramor. Di sana dia bertemu dengan Deni Kantong, guru menyanyinya, dan Deni Sabrie yang kemudian menjadi manajernya.

Menjadi Penyanyi Terkenal
Deni Kantong dan Sabrie memperkenalkan nike kepada Deddy Dores. Deddy membuatkan beberapa lagu untuk album pertama Nike yang bertajuk Seberkas Sinar yang terjual lebih dari 500.000 ribuan kopi. Sebelumnya Deddy Dores juga sempat menyatukan Nike dengan dua(2) anak didik Deddy dan Deni bernama lengkap Deni Angels bersama Cut Irna dan Lady Avisha. Tahun berikutnya Nike merilis album keduanya yang bertajuk Bintang Kehidupan yang mendapatkan sambutan luar biasa, dan terjual dengan angka yang fantastis, yaitu 2 juta unit Selanjutnya Nike merilis album-album yang menjadi best seller. Album rekaman terakhir Nike Ardilla disaat hidupnya yang berjudul Sandiwara Cinta terjual menembus angka 3 Juta kopi dan lima juta copy season. Karier Nike Ardilla di dunia seni peran juga berjalan mulus. Nike bermaindi film Kasmaran yang dibintangi Ida Iasya dan Slamet Rahardjo, 1987. Dan menjadi pemeran utama di Film Ricky Nakalnya Anak Muda bersama almarhum Ryan Hidayat pada tahun 1990 dan terus melahirkan film-film box office sepanjang periode akhir 80-an dan awal 90-an. Nike Ardilla juga sukses di beberapa sinetron. Selain sebagai penyanyi dan bintang film, Nike Ardilla juga mengawali kariernya sebagai seorang model. Terbukti dengan menjadi pemenang Favorit pada ajang GADIS SAMPUL 1990.

Semenjak album perdana di rilis dipenghujung 1989. Nama Nike Ardilla masuk kedalam jajaran artis papan atas dan diperhitungkan. Deni Management mempersiapkan Nike Ardilla untuk menjadi artis multi talenta,di awal pembentukan Nike Ardilla menjadi artis memang disiapkan untuk menggantikan Cut Irna yang terkenal sebagai model, Mariam Belina bintang film papan atas, dan diva rock Nicky Astria. Jadi menurut Deni, Nike Ardila adalah perpaduan dari Nicky Astria, Meriam Belina, dan Cut Irna. Bahkan sebelum album perdana sukses di pasaran, Nike sudah dilibatkan dalam produksi beberapa film box office di zamannya dan kegiatan yang berhubungan dengan modeling dan show di daerah-daerah dari aceh sampai papua. Tahun 1990 adalah awal dominasi Nike Ardilla di dunia entertainment sehubungan dengan sukses secara komersil album Bintang Kehidupan yang terjual 2.000.000 units kopi. Dilanjutkan dengan terpilihnya Nike Ardilla sabagai Gadis Sampul Favorit di ajang model yang  bergengsi. Konser jadwal tiap tahun penuh, tampil di acara-acara selebriti dan awards show, membintangi puluhan film box office, bintang iklan, cover majalah, dll.

Penghargaan Nike Ardilla
Bahkan ketika artis film banyak terjun ke sinetron, nama Nike Ardilla masih menjadi jaminan rating tinggi untuk sinetron yang banyak ditonton pemirsa. Mungkin karier Nike Ardilla secara harfiah terbilang singkat 1989-1995, hanya 6 tahun. Tapi dalam waktu singkat tersebut kariernya begitu cemerlang. Dominasi di industri musik membuat banyak penyanyi yang mencoba mengikuti jejak kariernya terpaksa hanya bisa menjadi underdog dan Nike tetaplah di depan. Penghargaan di industri musik untuk kategori album terlaris selalu dimenangkannya, seorang Nicky Astria dan Anggun pun tidak bisa berkutik dibuatnya. Bahkan album terlaris sepanjang sejarah bermusik Anggun, Tua-tua keladi dikalahkan di ajang BASF Awards 1990 kategori Best Selling Album yang dimenangkan Nike Ardilla untuk album Bintang Kehidupan.

Tidak hanya di musik saja dimana konser dan album Nike laris manis, industri film tanah air pun juga tidak mau ketinggalan menggunakan Nike Ardilla sebagai pemeran utama di Film-filmnya. Puluhan film box office dihasilkan Nike, bahkan film daerah paling laris kabayan yang di bintangi Paramitha Rusadi sebagai tokoh wanita utamanya digantikan oleh Nike Ardilla bukti dominasi dan betapa popularnya Nike. Bahkan di sinetron dengan rating tinggi arahan sutradara Putu Wijaya, Mitha tampil hanya sebagai bintang tamu di 2 episode sinetron berjudul NONE dimana Nike Ardila adalah pemeran utamanya. Puluhan iklan pun telah dihasilkan Nike Ardilla. Melihat tersebut maka pantaslah dominasi Nike Ardilla tersebut tidak terbantahkan.

Comments